Program Studi Teknik Mesin

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Tracer Study

Tracer Study Program Studi Teknik Mesin ITERA direncanakan akan dibuka pada tahun 2020. Target Tracer Study adalah alumni program S1 Teknik Mesin ITERA yang akan lulus pada tahun 2020. Seluruh alumni 2020 nantinya diharapkan untuk ikut berpartisipasi. Tracer Study secara terpadu dibuat dalam sebuah kuisioner yang dapat diisi oleh alumni Teknik Mesin ITERA.

“Salah satu kunci utama keberhasilan Tracer Study adalah tingkat partisipasi dari alumni”

Lembar Kuisioner

  • Lembar Kuisioner untuk Sarjana (S1)

Link : -klik disini-

  • Lembar Kuisioner untuk Pascasarjana (S2)

Link : -belum tersedia-

Studi pelacakan alumni (Tracer Study) menjadi kian diakui peran pentingnya baik secara teoretis maupun untuk aplikasi praktis. Tracer Study dapat memberikan masukan berharga bagi relevansi perguruan tinggi di tengah masyarakat baik dari segi pengelolaan akademik maupun kontribusi pendidikan tinggi bagi pembangunan bangsa secara keseluruhan. Hubungan antara perguruan tinggi dan dunia kerja juga membutuhkan dukungan data dan informasi dari Tracer Study.

Tracer study adalah penelitian mengenai situasi alumni khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di Teknik Mesin ITERA. Di negara-negara maju, studi pelacakan jejak alumni adalah studi utama yang telah dilaksanakan secara sistematis, institusional, dan terus menerus. Maka tidak heran jika perguruan tinggi di negara maju diakui relevansi keberadaannya karena mereka terus-menerus melakukan evaluasi diri antara lain melalui tracer study.

Manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja, tetapi  lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja.  Tracer study dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Dengan demikian, tracer study dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya.  Bagi universitas, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran.  Di sisi lain, dunia industri dan dunia kerja dapat “melongok” ke dalam instistusi pendidikan tinggi melalui tracer study, dan dengan demikian dapat menyiapkan diri dengan menyediakan pelatihan-pelatihan yang lebih relevan bagi sarjana pencari kerja baru.

Tujuan

  1. Menggali informasi lebih lanjut mengenai transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja
  2. Menggali informasi lebih rinci mengenai relevansi pendidikan dan pemerolehan kompetensi alumni
  3. Menggali informasi lebih rinci mengenai aspek sosiobiografi alumni
  4. Memotret hubungan antara pengalaman pembelajaran di dunia pendidikan tinggi dan prasyarat serta kinerja di dunia kerja

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)