Program Studi Teknik Mesin

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Profil

Program Studi Teknik Mesin ITERA mengembangkan disiplin berbasis cabang ilmu teknik mesin yang didefinisikan sebagai ilmu teknik yang mempelajari perancangan, produksi/pembuatan dan operasi mesin. Cakupan bidang profesi Teknik Mesin dapat diperluas meliputi seluruh siklus hidup produk, mulai studi kelayakan, perancangan, pembuatan/pembangunan, operasi, pemeliharaan, dan pembongkaran/dekomisi/daur ulang yang memanfaatkan ilmu-ilmu teknik mesin.

Sesuai dengan bidang keahlian Sarjana Teknik Mesin yang diperlukan di Sumatera maka pengembangan keilmuan di masa yang akan datang akan mengarah pada bidang otomasi industri terutama untuk bidang-bidang, pertanian, perkebunan, perikanan, dan manufaktur guna meningkatkan kapasitas produksi sesuai dengan analisis potensi eksternal yang tertera pada Renstra. Selain itu pada bidang perancangan dan perawatan pun harus terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ada di Pulau Sumatera melalui kerja sama dengan stake holder terkait.

Program Studi Teknik Mesin ITERA memiliki cabang keilmuan yang dikelompokkan ke dalam tiga Kelompok Keahlian (KK), yaitu: Kelompok Keahlian Perancangan Mesin (Desain), Konversi Energi (KE) dan Rekayasa Material.

 

*)Program Studi Teknik Mesin ITERA dibuka untuk tahun ajaran 2017-2018 (Ujian masuk melalui SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri (UM).

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)