Program Studi Teknik Mesin

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Prospek Lulusan Teknik Mesin


February 23rd, 2018 | Posted by: mechanical


“Prospek Kerja Teknik Mesin”
Luasnya ilmu yang ada pada jurusan teknik mesin mengakibatkan luasnya lapangan pekerjaan sarjana lulusan teknik mesin. Dengan prospek kerja lulusan teknik mesin yang luas dapat menjadi pertimbangan anda unuk memilih jurusan ini. Berikut ini adalah beberapa contoh peluang kerja teknik mesin :

  • Industri pertambangan

Sarjana lulusan teknik mesin dibutuhkan di industri pertambangan baik pertambangan bahan galian padat maupun minyak dan gas (migas). Di industri migas, cukup banyak aspek yang bisa ditempati. misalnya desain pipeline, well intervention, rotating machinary, drilling,desainer untuk pressure vessel (bejana tekan). Contoh perusahaan yang berkecimpung di bidang pertambangan seperti PT. Pertamina, Chevron, Freeport, KPC, Total, Bukit asam dan masih banyak lagi

  • Perusahaan Engineering, Procurement, and Construction (EPC)

Perusahaan yang bergelut di bidang ini juga memerlukan lulusan teknik mesin untuk memberikan masukan (saran) serta konsultasi dalam pemilihan barang-barang penting.

  • Di bidang pembangkit listrik

lulusan teknik mesin di bidang pembangkit listrik juga memegang peranan yang besar. Hal ini dikarenakan prinsip yang ada pada sistem pembangkit listrik baik itu bertenaga panas bumi, uap, biomassa, nuklir, ataupun lainnya adalah sama, yaitu ilmu termodinamika. Seorang lulusan tekbik mesin tentunya memiliki ilmu termodinamika. Problematika pada kompresor, turbin, pompa, sistem perpipaan, boiler, penukar panas, dan sebagainya menjadi tanggung jawab insinyur teknik mesin yang ada di pembangkit listrik.

  • Di industri proses

Insinyur mesin punya peranan yang sama pentingnya dengan teknik kimia. Dari industri metal, industri semen, industri tekstil, industri pupuk, dan lain sebagainya menjadi lahan kerjasama yang baik antara teknik mesin dan teknik kimia. ilmu seperti perpindahan panas, sistem pembangkitan uap, ilmu material, dsb bercampur jadi satu di bidang ini.

  • Di industri transportasi

Industri transportasi tentunya sangat membutuhkan lulusan teknik mesin di perusahaannya. Dari industri motor, mobil hingga pesawat terbang. Desain body, chassis, engine, sistem propulsi, dan mekanisme-mekanisme lain menjadi contoh  perkerjaan orang teknik mesin yang akan dilakukan disana. contoh perusahaannya adalah Yamaha, Astra, Honda dan berbagai contoho lainnya.

  • Kontraktor gedung bertingkat

Di bidang inipun lulusan teknik mesin masih dibutuhkan. Masalah sistem AC sentral (sistem pengondisian udara), plumbing dan sistem pemadam kebakaran menjadi tugas yang akan dihadapi disini.

  • Perusahaan-perusahaan jasa maintenance dan service 

Ranah ini juga bisa menjadi tempat lain yang dapat digeluti oleh orang-rang teknik mesin. Hampir semua urusan maintenance di industri adalah pekerjaanya lulusan teknik mesin.

  • Perusahaan pembuat Kitchen Set (alat dapur). 

Anda pasti bingung apa hubungannya Teknik Mesin dengan dunia Dapur? Ternyata, sarjana lulusan teknik mesin juga dibutuhkan dalam pembuatan kitchen set. Dalam hal ini Kitchen Set yang dimaksud adalah alat-alat dapur yang biasa digunakan di warung-warung waralaba seperti Mc Donald, KFC, Pizza Hut, Subway, dan lain-lain. Anda pasti pernah melihat alat-alat berwarna perak di dapur perusahaan waralaba tersebut. Misalnya deep frying, meal warmer, exhaust, burger oven, ice cream maker, dan masih banyak lagi. Dalam tahap pembuatan peralatan tersebut, pastinya tidak bisa sembarangan karena erat kaitannya dengan kualitas produk yang akan dijual. Dasar-dasar keilmuan pada teknik mesin misalnya perpindahan panas, mekanika fluida, kekuatan material, dan lain-lain menjadi pertimbangan utama dalam mendesain kitchen set ini.

  • Akademisi

Lulusan teknik mesin bisa juga menjadi tenaga pengajar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan kesempatan untuk menjadi dosen teknik mesin minimal dengan menyelesaikan S2 masih sangat terbuka lebar karena jurusan teknik mesin masih sangat dibutuhkan.

  • Wirausaha

Seorang lulusan teknik mesin bisa juga membuka usaha sendiri baik yang berhubungan langsung dengan teknik mesin maupun tidak. Misalnya membuka industri mobil, membuka industri perhotelan, menjadi desainer mekanik, dan lain sebagainya.

  • Instansi Pemerintah & Peneliti

Kesempatan berkarir di instansi kepemerintahan merupakan salah satu peluang lulusan teknik mesin misalnya di departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah contohnya IPTN, BPPT dan LIPI.

Bidang – bidang diatas hanyalah sebagian contoh dari prospek kerja teknik mesin. Masih banyak bidang lainnya yang bisa ditempati oleh lulusan teknik mesin.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)