Program Studi Teknik Mesin

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Bidang Keilmuan Teknik Mesin


February 23rd, 2018 | Posted by: mechanical


Bidang keilmuan Teknik Mesin
Dari uraian sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa teknik mesin merupakan suatu jurusan yang luas karena mencakup beberapa bidang keilmuan. Tetapi pada jurusan teknik mesin S-1, umumnya terdapat empat bagian kompentensi, yaitu :
  • Desain/Perancangan
Pada konstruksi/perancangan, semua aspek direncanakan sedetail dan seteliti mungkin. Dari perhitungan dimensi (ukuran) suatu mesin yang direncanakan hingga bahan apa yang akan dipakai dalam pembuatannya. Biasanya hasil dari bagian konstruksi yaitu gambar teknik atau gambar detail suatu komponen mesin sehingga diharapkan dapat memudahkan bagian produksi untuk memanufaktur rancangan.
Sebagai contoh, dalam membuat kursi kayu. Tentunya hal pertama yang dilakukan adalah membuat desainnya serta menentukan berapa tebal, lebar, panjang kayu sehingga dapat membentuk seperti desain yang diinginkan. Dalam memutuskan berapa panjang dan lebar balok kayu yang akan digunakan tentu perlu dihitung kekuatan kayu tersebut. Dengan meperhitungkan kekuatan kayu, maka bisa ditentukan berapa dimensi/ukuran panjang dan lebar balok kayu yang diperlukan agar ketika sudah jadi nanti mampu menahan beban yang diemban  saat kursi digunakan sehingga aman saat dipakai.
  • Material/Metalurgi
Masing – masing benda di bumi ini tersusun dari atom-atom yang membentuk susunan kimiawi pada suatu zat. Dalam dunia teknik mesin, material yang dipakai seringnya yaitu material dengan fisik yang keras misalnya logam, keramik, komposit dan lain – lain. Pada kompetensi material/metalurgi ini, dibutuhan  ilmu fisika serta ilmu kimia yang merupakan dasar dalam merancang material yang diperlukan untuk konstruksi mesin.
  • Konversi Energi
Hukum kekekalan energi yang berbunyi, “Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tapi tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan” merupakan  dasar dari kompentensi konversi energi. Kompetensi konversi energi ini terfokus pada merubah suatu energi ke bentuk energi lainnya. Misalnya energi angin diubah menjadi energi listrik memakai turbin angin, solar (energi kimia) diubah menjadi energi gerak di motor bakar,  dan berbagai contoh konversi energi lainnya. Kompetensi konversi energi ini terfokus pada perancangan mesin pengkonversi energi contohnya turbin, motor bakar,  dan mesin pengkonversi energi lainnya, termasuk soal fluida pendukung mesin tersebut.
  • Produksi/Manufaktur
Produksi/manufaktur adalah proses merubah bahan baku menjadi produk/ barang jadi. Dimana terjadi proses perubahan nilai dari bahan mentah menjadi barang jadi. Untuk membuat nilai guna bahan baku tersebut meningkat, pastinya dilakukan proses produksi. Misalnya, pada pembuatan sebuah kursi kayu, terjadi peningkatan nilai kayu (bahan baku) menjadi produk/barang jadi (kursi). Dalam Proses meningkatkan nilai guna kayu tersebut tentunya dilakukan tahap  perancangan kursi termasuk desain dimensi kursi, kemudian melewati tahap perencanaan kerja contohnya pemotongan kayu (penggergajian), pengamplasan, perakitan, serta pengecatan. Semua tahapan dari perencanaan kerja hingga pengecatan merupakan tugas dari bagian kompetensi produksi.


Responses

Program Studi Teknik Mesin | Apa itu Teknik Mesin ? (PART 3) says:

February 23rd, 2018 at 9:23 am (#)

[…] (….lanjutan Bidang Keilmuan Teknik Mesin) […]

Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)